• Posted: 2022-09-03 09:02:34
  • By: administrator89
  • Readed: 198

Fakultas Pertanian UPP Kirim Mahasiswa Magang ke Kementrian Pertanian RI


Fakultas Pertanian Universitas Pasir Pengaraian (UPP) melakukan kegiatan magang pada tahun 2022 dengan sistem yang baru. Lokasi magang Fakultas Pertanian (Faperta) Tahun ini sangat istimewa karena dapat mengantarkan mahasiswa ke Pulau Jawa yang berada di Kabupaten Sukabumi Provinsi Jawa Barat tepatnya di Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar (BALITTRI) yang berada dibawah Pusat Penelitian dan Pengembangan Perkebunan (Puslitbangbun) Kementerian Pertanian RI.

Kegiatan magang di BALITTRI diikuti oleh lima orang mahasiswa dari Program Studi Agroteknologi. Kegiatan mahasiswa magang ini di danai oleh Kemendikbud setelah Prodi Agroteknologi berhasil mendapatkan hibah kompetisi kampus merdeka (PKKM) tahun 2022. Mahasiswa mandapatkan biaya hidup setiap bulannya dan tiket pesawat serta transportasi lainnya.

Pada hari pertama magang di BALITTRI, mahasiswa disambut dengan sangat ramah oleh staf BALITTRI. Selanjutnya mahasiswa bersama staf BALITTRI melakukan pengenalan lingkungan kerja BALITTRI. Pengenalan laboratorium tanah dan tanaman, laboratorium  fitopatologi dan entomologi, laboratorium kultur jaringan, laboratorium molekuler dan laboratorium ekofisiologis tanaman.  Selanjutnya, mahasiswa dibawa ke lapangan untuk mengenal kebun benih kopi. Ada empat jenis varietas kopi yang dikembangkan yaitu liberika, excelsa, robusta dan arabika. Berikutnya adalah kunjungan ke kebun entres, kebun koleksi, bioindutri dan bioenergi.

Komoditi utama BALITTRI adalah kopi, kakao, karet dan teh. Luas lahan yang dimiliki olah BALITTRI mencapai 159 Ha. Kebun kopi dan kakao menjadi fokus utama kajian BALITRI mulai dari hulu hingga ke hilir.  Mahasiswa sangat antusias dan bersemangat untuk belajar. Hal ini merupakan pengalaman baru bagi mahasiswa untuk menambah wawasan dan ilmu pengetahuan khususnya bidang pertanian.

Magang mahasiswa Agroteknologi Faperta UPP di BALIITRI merupakan pertama kalinya yang berasal dari Riau.

Dr. Yuliana Susanti, SP., M.Si sebagai Ketua Tim Pengelola Magang Fakultas Pertanian UPP sekaligus dosen pembimbing magang yang ikut mengantarkan mahasiswa ke Sukabumi mengatakan bahwa output magang berupa laporan magang yang menjadi laporan pertama masuk ke arsip perpustakaan BALITTRI untuk mahasiswa magang yang berasal dari Riau.

Ketua Program Studi Agroteknologi, Al Muzafri, STP., MSi menambahkan bahwa kegiatan magang mahasiswa dilakukan selama 3 bulan. Dimulai 1 September 2022 dan berakhir 30 November 2022. Perubahan tata cara pelaksanaan magang Faperta tahun 2022 dengan sistem baru memberikan kemudahan bagi mahasiswa dalam mengikuti kegiatan magang.

Dekan Fakultas Pertanian UPP, Lufita Nur Alfiah, SP.,  M.Si mengatakan kegiatan magang di BALITTRI ini adalah pembuka jalan bagi Faperta UPP untuk dapat mengembangkan dan memperluas hubungan kerjasama pada lembaga/ instansi berskala nasional. Keberlanjutan magang Faperta UPP diharapakan dapat mencetak kompetensi lulusan  yang memenuhi standar pendidikan tinggi.

Tags: